Universitas Brawijaya
Ditulis pada tanggal 19 November 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Universitas Brawijaya (UB) sebagai salah satu perguruan tinggi (PT) yang memiliki perkembangan pesat dalam jumlah program studi (PS), dituntut untuk selalu memelihara dan meningkatkan mutu layanan tri dharma PT. Upaya memelihara dan meningkatkan mutu ini harus dimulai dengan pengelolaan SPMI yang baik dan terukur, terutama dalam menghadapi akreditasi 4.0 dengan 9 kriteria.

Universitas Brawijaya (UB) saat ini telah memiliki 8 program studi di luar kampus utama (PSDKU), yaitu 3 program studi di Jakarta dan 5 program studi di Kediri. Seperti halnya program studi di kampus utama UB, PSDKU tersebut juga memiliki kewajiban yang sama dalam memenuhi kriteria/persyaratan SPMI dan SPME (akreditasi).

Untuk menghadapi akreditasi 9 kriteria tersebut, maka pengelola PSDKU harus memahami framework dan persyaratan SPMI/SPME sehingga dapat memenuhi kriteria dan mendapatkan akreditasi sesuai harapan. Untuk itu, PJM menyelenggarakan “Lokakarya Penguatan Implementasi SPMI Program Studi di Luar Kampus Utama UB” pada hari Selasa s.d Kamis, tanggal 19 s.d 21 November 2019.

Acara yang dilaksanakan di The 101 Malang OJ Hotel ini melibatkan 21 peserta (perwakilan PSDKU) dan 8 narasumber-fasilitator PJM. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan arahan dari Ketua LP3M UB (Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D) yang dilanjutkan dengan pre-test.

Secara umum, materi yang disampaikan adalah materi-materi dasar tentang pentingnya SPMI dan implementasinya dalam menunjang kebutuhan akreditasi. Di hari kedua, peserta mulai menjalani workshop dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan latihan audit internal (desk evaluation). Di hari terakhir, peserta menjalani simulasi audit dengan menghadirkan auditee yang sesungguhnya. Kegiatan lokakarya diakhiri dengan post-test dan penutupan oleh Ketua PJM (Dr. Shinta Hadiyantina, S.H., M.H.).

Dalam penutupannya, Ketua PJM menyampaikan bahwa output kegiatan lokakarya ini harus menghasilkan dokumen SPMI PSDKU beserta perangkatnya, sehingga dapat memenuhi persyaratan akreditasi 9 kriteria. Disampaikan pula bahwa sebagai tindaklanjut, program ini akan dilaksanakan kembali pada tahun 2020 mendatang.

Berikut ini materi-materi yang disampaikan dalam lokakarya:

  1. Program dan Kebijakan SPMI-PT
  2. Implementasi SPMI di UB
  3. Kebijakan SPME (Akreditasi)
  4. Dokumen Kebijakan SPMI dan Standar SPMI
  5. Dokumen Manual SPMI dan Penyusunan SOP
  6. Template SOP
  7. Contoh SOP (sesuai template)
  8. Penyusunan RPJP dan Renstra Prodi
  9. Kompetensi dan Etika Auditor Internal
  10. Sampel Dokumen PS S-1 Sastra Cina FIB
  11. Sampel Dokumen PS Profesi Dokter Gigi FKG
  12. Peraturan Rektor terkait Renstra PS
  13. Template Laporan Tinjauan Manajemen PS S-1/Profesi (BAN-PT)
  14. Template Laporan Tinjauan Manajemen PS S-1/Profesi (LAM-PTKes)
  15. Template Lembar Pengesahan
  16. Matriks Penilaian IKU

Back to top