Ditulis pada tanggal 13 Pebruari 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Menjelang diberlakukannya sistem akreditasi yang baru oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka perguruan tinggi di seluruh Indonesia sedang bersiap diri mengikuti sistem akreditasi yang baru tersebut.

Termasuk di Universitas Brawijaya, sebagai salah satu PTN yang memiliki banyak program studi (prodi), telah melakukan persiapan-persiapan. Secara umum, kegiatan persiapan yang telah dilakukan adalah konversi dan penguatan SPMI, serta sosialisasi instrumen akreditasi prodi versi 4.0 (IAPS 4.0) yang telah dilaksanakan di akhir bulan Januari 2019 yang lalu.

Dalam kegiatan sosialisasi IAPS 4.0 tersebut, narasumber BAN-PT menyampaikan bahwa terdapat hubungan yang erat antara Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dikembangkan masing-masing PT dengan IAPS 4.0. Dalam setiap kriteria dalam IAPS 4.0, terdapat sub kriteria tentang implementasi SPMI. Hal ini menunjukkan urgensi SPMI di Universitas Brawijaya untuk mendukung proses akreditasi prodi, selain juga untuk membudayakan mutu kepada level unit terkecil di Universitas Brawijaya.

Dengan latar belakang tersebut, maka PJM memprakarsai adanya sosialisasi dan BIMTEK tentang “Persiapan Penyusunan Dokumen Akreditasi melalui Penguatan Siklus PPEPP” pada hari Kamis, 14 Februari 2019. Kegiatan ini merupakan persiapan masing-masing level unit untuk mendukung akreditasi prodi dengan menggunakan IAPS 4.0.

Acara ini dibuka oleh Ketua LP3M UB (Ir. Achmad Wicaksono, PhD.) yang menyampaikan pesan bahwa IAPS 4.0 merupakan instrumen akreditasi yang lebih memberikan peran kepada organisasi pengelola prodi sebagai penanggungjawab penyusunan dokumen usulan akreditasi. Kegiatan ini dipandu oleh Tim Bidang SPMI PJM, Dr. Harsuko Riniwati (Kepala Bidang) dan Dr.Eng. Fitri Utaminingrum (Anggota) yang menyampaikan materi-materi awal terkait panduan SPMI Dikti dan rancangan SPMI UB sebelum BIMTEK SPMI yang rutin diadakan.

Sosialisasi SPMI PPEPP

Di bawah ini adalah materi-materi yang disampaikan oleh Tim SPMI PJM (download link memerlukan otentifikasi menggunakan akun e-mail official):

  1. Struktur Dokumen SPMI UB
  2. IAPS 4.0 BAN-PT
  3. Buku Pedoman SPMI 2018
  4. Kebijakan SPMI UB 2018
  5. Manual SPMI UB 2018
  6. Standar SPMI UB 
  7. Peraturan Universitas Nomor 1 Tahun 2017 tentang Standar Mutu
  8. Template – Manual Penetapan Standar Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
  9. Template – Manual Pelaksanaan Standar Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
  10. Template – Manual Evaluasi Standar Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
  11. Template – Manual Pengendalian Standar Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
  12. Template – Manual Peningkatan Standar Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
  13. Jadwal Rutin Kegiatan SPMI (PJM-GJM)