Ditulis pada tanggal 25 January 2012, oleh admin, pada kategori Pengumuman

LATAR BELAKANG

Peran Perguruan Tinggi sebagai agents of change and development mempunyai peran strategis dalam peningkatan daya saing bangsa (nation competitiveness). Dalam Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003-2010, kebijakan dasar pendidikan tinggi menekankan bahwa Perguruan Tinggi harus aktif berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui keluaran produk dan jasa di pasar dunia. Oleh karena itu setiap PT perlu memperbaiki kapasitas fisik, tata kelola, pendanaan dan sumberdaya manusia. Selain itu, juga perlu membangun unit penjaminan mutu sehingga menjadi institusi yang sehat dan berdaya saing. Penjaminan mutu merupakan bentuk tanggungjawab institusi pendidikan tinggi kepada publik (stakeholders). Kepuasan stakeholders melalui layanan prima dan pencapaian visi menjadi prioritas sistem penjaminan mutu. Walaupun sistem penjaminan mutu bersifat internally driven, namun Dikti terus menerus memantau dan memonitor implementasi sistem penjaminan mutu kegiatan akademik dan non akademik dalam bentuk Laporan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada setiap perguruan tinggi.

Selain itu, Dikti juga memantau perolehan sertifikat ISO di tiap PT. PJM UB berkomitmen untuk menjunjung tinggi amanah ilmu amaliyah, dalam berbagi best practices peningkatan mutu berkelanjutan kepada seluruh perguruan tinggi di seluruh Nusantara. Hal ini sejalan dengan harapan Dikti agar ada penyebarluasan best practices dari unit penjaminan mutu suatu perguruan tinggi kepada yang lain.

TUJUAN KEGIATAN

Tujuan penyelenggaraan pelatihan adalah peningkatan pemahaman dan ketrampilan merancang Sistem Penjaminan Mutu, Sistem Audit Internal dan mempersiapkan Auditor Internal Mutu di Perguruan Tinggi.

Sedangkan materi pelatihan ini adalah diskusi informasi, pengalaman dan praktek untuk merancang Sistem Penjaminan Mutu (SPM-PT), Sistem Audit Internal Mutu (SAIM-PT) dan pelatihan Auditor Internal Mutu (AIM-PT) di Perguruan Tinggi yang terintegrasi dengan 7 standar mutu BAN-PT dan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan diharapkan mampu menginisiasi dan mengembangkan SPMPT sesuai kekhasan visi dan misi perguruan tinggi masing-masing, sehingga tercipta budaya mutu secara berkelanjutan. Join UB be the Best.

METODE KEGIATAN

1.   Psichotest, presentasi dan diskusi antara pemateri dan peserta.

2.   Sharing praktek merancang, mengembangkan dan implementasi Sistem Penjaminan Mutu dan Sistem Audit Internal Mutu yang terintegrasi dengan 7 standar mutu BAN-PT dan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008.

3.   Praktek dan pendampingan melakukan Audit Internal Mutu.

Peserta membawa laptop dan softcopy dokumen kebijakan dan naskah akademik institusi masing-masing (Statuta, Visi & Misi, OTK, Pedoman Akademik dll. di tingkat universitas, fakultas, jurusan, prodi dst. sesuai mandat tiap peserta).

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan Pelatihan Perancangan SPMI dan Sertifikasi Auditor Internal Mutu di PT berdurasi selama 5 hari, dilaksanakan dalam tiga periode:

Periode I    : 17 s.d 21 Juni 2014

Periode II   : 26 s.d 30 Agustus 2014 (DIBATALKAN)

Periode III  : 28 Oktober s.d 1 Nopember 2014

KONTRIBUSI DAN FASILITAS

Kontribusi setiap peserta Rp.3.000.000,-; Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Universitas Brawijaya Malang, nomor rekening 0039649665 atas nama Rektor Universitas Brawijaya.

Fasilitas bagi peserta: Training kits (map, blocknote, ballpoint), Modul Pelatihan SPMI PT & Persyaratan ISO 9001:2008, CD materi, evaluasi kompetensi melalui psichotest untuk auditor, sertifikat peserta dan sertifikat auditor internal, lunch dan coffee break.

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

Pusat Jaminan Mutu UB, Kantor Pusat UB, Lantai 3 (koridor), Jl. Veteran, Malang, 65145, Telp./Faks. 0341-575797, E-mail: pjm@ub.ac.id atau pjmbrawijaya@gmail.com, Web: www.pjm.ub.ac.id.

formulir pendaftaran

susunan acara pelatihan

informasi akomodasi