Ditulis pada tanggal 23 Januari 2013, oleh admin, pada kategori Berita

Kamis (17/1) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan acara Lokakarya Nasional Sistem Penjaminan Mutu Internal  (SPMI ) bertema “Praktek Baik Implementasi SPMI di Perguruan Tinggi”.  Acara ini dilaksanakan di UB Hotel lantai 3 dan merupakan rangkaian agenda Dies Natalis UB ke 50. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito. Lokakarya ini diikuti oleh 120 orang peserta, 39 dari internal UB dan 81 dari berbagai universitas di Indonesia.

Dihadirkan sebagai pembicara utama pada lokakarya ini adalah Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (DITBELMAWA) DITJEN DIKTI, ibu Ir. Illah Sailah, M.Sc., Ph.D. yang menyampaikan tentang Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Sedangkan pembicara kedua, Dr. Zakiyah, MM., Management Representative bidang SMM Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang memaparkan tentang Pengelolaan Perguruan Tinggi berbasis SNI ISO 9001 melalui rekaman video presentasi.

Disampaikan  Ketua Panitia Ir. Achmad Wicaksono M.Eng. PhD. acara ini diadakan bertujuan untuk sharing mengenai Implementasi SPMI yang ada di PTN dan PTS se-Indonesia. Pada acara tersebut ketua Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB  Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS memaparkan  tentang pengembangan SPMI yang selama ini diterapkan oleh UB, sehingga UB menjadi Universitas pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi manajemen ISO 9001:2008 untuk seluruh unit yang ada. Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang Praktek Implementasi SPMI dari beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, Universitas Muhammadiyah Jember dan Universitas Mataram.

Pada sesi terakhir dilakukan diskusi terbuka oleh seluruh peserta Lokakarya tentang praktek dan kendala implementasi SPMI di PT yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. Sebagai tindak lanjutnya, acara tersebut menghasilkan pembentukan Forum Komunikasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Indonesia (Forkom PMPTI) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Mochammad Bisri, MS dan direncanakan akan mengadakan pertemuan secara rutin minimal satu tahun sekali [pjm]