Peran Perguruan Tinggi (PT) sebagai agents of change and development mempunyai peran strategis dalam peningkatan daya saing bangsa (nation competitiveness). Dalam Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003-2010, kebijakan dasar pendidikan tinggi menekankan bahwa Perguruan Tinggi harus aktif berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui keluaran produk dan jasa di pasar dunia. Oleh karena itu setiap PT perlu memperbaiki kapasitas fisik, tata kelola, pendanaan dan sumberdaya manusia. Selain itu, juga perlu membangun unit penjaminan mutu sehingga menjadi institusi yang sehat dan berdaya saing. Penjaminan mutu merupakan bentuk tanggungjawab institusi pendidikan tinggi kepada publik (stakeholders). Kepuasan stakeholders melalui layanan prima dan pencapaian visi menjadi prioritas sistem penjaminan mutu.

PJM UB berkomitmen untuk menjunjung tinggi amanah ilmu amaliyah, dalam berbagi best practices peningkatan mutu berkelanjutan kepada seluruh perguruan tinggi di seluruh Nusantara. Hal ini sejalan dengan harapan Dikti agar ada penyebarluasan best practices dari unit penjaminan mutu suatu perguruan tinggi kepada yang lain.

Dalam memenuhi harapan Dikti tersebut, PJM UB membentuk Pelayanan Umum (Public Service) yang salah satu tugasnya adalah mengkoordinir pelayanan kepada stakeholders dari luar UB. Pelayanan PJM untuk stakeholders dari luar UB antara lain:

1.    Layanan pelatihan tentang SPMI dan akreditasi BAN-PT;

2.    Layanan konsultasi dan studi banding tentang SPMI; dan

3.    Layanan pendampingan dengan menyediakan narasumber dan technical assisstance (TA) tentang SPMI dan akreditasi BAN-PT.

Berikut ini adalah layanan pelatihan yang disediakan PJM:

No

Layanan

Kualifikasi Peserta

Waktu/ Durasi (hari)

Kuota Peserta (orang)

Biaya Pelatihan per orang (Rp)

1. Pelatihan Membangun Sistem Penjaminan Mutu di PT (SPMPT) Dosen atau tenaga kependidikan yang memiliki pengalaman dalam manajemen penyelenggaraan PT dan pernah menjabat struktural di PT

2

12-16

2.500.000,-

2. Pelatihan Audit Internal Mutu (AIM) di Perguruan Tinggi Memahami SPMI PT dan memiliki sertifikat pelatihan SPMI PT

2

12-16

2.500.000,-

3. Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Internal Mutu (AIM) di Perguruan Tinggi Dosen atau tenaga kependidikan yang memiliki pengalaman dalam manajemen penyelenggaraan PT dan pernah menjabat struktural di PT

4

12-16

5.000.000,-

4. Pelatihan Menyusun Dokumen Akreditasi PS S-1, S-2, S-3 Dosen

2

12-16

2.500.000,-

5. Magang tentang administrasi dan pengelolaan di Kantor PJM Tenaga kependidikan terampil mengoperasikan komputer MS. Office, tekun dan siap belajar

20

1-2

6.000.000,-

6. Penyediaan Narasumber atau Technical Assistance  (TA) tentang SPMI -

*)

*)

*)

7. Layanan Studi Banding -

Maks 4 jam

Maks 10

**)

Keterangan:

*) Waktu dan durasi sesuai kesepakatan. Honorarium Narasumber/Fasilitator per sesi Rp.1.500.000,- (sudah termasuk institutional fee). Honorarium TA per sesi Rp.1.500.000,- (sudah termasuk persiapan materi, institutional fee dan pelaporan). Honorarium diterimakan setelah dipotong PPh. Satu sesi adalah ± 1,5 jam.

**) Tidak dipungut biaya, jika lebih dari waktu yang ditetapkan, maka biaya ditentukan sesuai kesepakatan.