Secara umum, keberadaan Program Hibah Kompetisi (PHK) di Universitas Brawijaya (UB) sejak tahun 1999 berdampak baik pada kualitas kinerja di UB, khususnya bagi unit penerima PHK. Dampak secara nyata dapat dilihat pada beberapa aspek, yaitu terutama pada aspek struktur pendanaan. Aspek lain yang menerima dampak baik keberadaan PHK antara lain proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bahkan beberapa kebijakan UB diadopsi dari PHK, yaitu antara lain:

  1. Pengembangan Quality Assurance System dalam rangka otonomi UB
  2. Integrasi Good Practices PHK-I dalam memperbaiki Renstra 2000-2005 menjadi 2006-2010 dan 2011-2014, Monev Renstra Tahunan dan ED UB.
  3. Target Perbaikan Program Akademik (misal: IPK, nilai TOEIC, lama studi, kurikulum berbasis kompetensi, student centered learning, tracer study, dll.)
  4. Anggaran Berbasis Kinerja
  5. Peningkatan kualifikasi akreditasi PS
  6. Penguatan daya saing riset dan inovasi UB

Monitoring dan evaluasi internal (Monevin) PHK merupakan kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaan PHK untuk menjaga agar pelaksanaan PHK konsisten terhadap perencanaannya. Dalam implementasinya, Monevin PHK di UB menggunakan panduan berupa Manual Prosedur (MP) Monevin PHK. Panduan ini dipergunakan untuk kegiatan monev PHK yang perlu diacu oleh pimpinan unit dan pelaksana penerima PHK, reviewer internal PHK, pengelola hibah kompetisi serta PJM di lingkungan UB. Reviewer internal PHK di UB terdiri dari reviewer DPT dan reviewer bersertifikat UB.

Monevin PHK di UB dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu Tengah Tahun dan Akhir Tahun. Metode Monevin PHK di UB ada tiga macam, yaitu:

  • Desk evaluation, dimaksudkan untuk mendapat informasi secara detail kemajuan, kendala dan solusi alternatif yang dilakukan oleh penerima PHK berdasarkan Laporan yang telah dibuat. Reviewer Internal diharuskan menyampaikan penilaian dan komentar terhadap laporan dalam bentuk tertulis (format terlampir). Penilaian dan komentar diberikan ke masing-masing jurusan penerima hibah melalui PJM. Setiap penerima PHK menyerahkan dua eksemplar Laporan. Desk evaluation dilakukan pada Monev tengah dan akhir tahun.
  • Progress Report Presentation, pada waktu yang disepakati, penerima hibah melakukan presentasi di hadapan seluruh penerima PHK di lingkungan Universitas Brawijaya. Komentar dari reviewer pada saat desk evaluation dapat diklarifikasi melalui diskusi. Selain itu, forum ini juga diharapkan menjadi sarana penyebaran dari good practices setiap penerima hibah. Pimpinan fakultas dan universitas dapat hadir dalam acara ini untuk memberikan pengarahan.
  • Site visit, pada waktu yang disepakati, dilakukan visitasi untuk melakukan klarifikasi keberhasilan, kendala dan dampak hibah yang diterima. Kegiatan ini dilakukan oleh reviewer internal PJM dan dialog dengan Pimpinan Fakultas, Jurusan, PIC, dosen dan mahasiswa serta pemeriksaan dokumen pendukung.

Secara umum, prosedur Monevin PHK di UB adalah sebagai berikut:

Prosedur-Monevin-PHK

Bagan Alir Proses Monevin PHK

Hasil kegiatan bidang Monevin PHK dapat dilihat pada link berikut:

Hasil Kegiatan Bidang Monevin PHK