Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UKPA Siklus 7 tahun 2010 dibagi menjadi dua tahap yaitu audit sistem berbasis website/desk evaluasi dan visitasi. Ruang lingkup AIM Siklus 7 lebih ke arah substansi dan kinerja unit meliputi laporan tindakan koreksi AIM Siklus 6 tahun 2010, dokumen Manual Mutu, kinerja standar mutu BAN-PT Standar 1, standar 2 dan standar 5, serta audit internal yang dikoordinasi oleh MR.

Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UKPA Siklus 7 ini tidak menitik beratkan pada ketersediaan Dokumen Induk, SK Pejabat Unit kerja, dan Tugas Pokok dan Fungsi berdasarkan SK. Karena telah terpenuhi pada AIMA UKPA Siklus 6 sehingga telah dirasa cukup untuk menginjak pada standar yang lebih tinggi. Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UKPA Siklus 7 berorientasi pada standar BAN-PT guna memenuhi sasaran mutu akreditasi UB.

Berdasarkan hasil audit, rata-rata kepatuhan (hasil audit sistem dan audit kepatuhan) tingkat fakultas/program untuk AIMA UKPA Siklus 7 tahun 2010 sebesar 74%, sedangkan unit kerja tingkat jurusan/PS tidak berbeda jauh, yaitu 79%.

Tingkat-Kepatuhan-Auditee-AIM-siklus-7 2010

Rerata Tingkat Kepatuhan Auditee dalam AIMA UKPA Siklus 7 Tahun 2010

Dari grafik di atas dapat dilihat bahwa untuk audit kepatuhan unit kerja fakultas 57,14% mencapai nilai diatas 80 dan 42,85% dibawah nilai 80, sedangkan untuk audit sistem yang mencapai nilai 80 keatas hanya 42,85%. Beberapa fakultas yang sangat rendah nilai audit sistemnya adalah Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Fakultas Hukum (FH) mencapai nilai 0 karena pada saat audit internal dilaksanakan, FH sedang melaksanakan persiapan akreditasi Fakultas sehingga tidak dapat mempersiapkan/ mengunggah dokumen pada laman. Sedangkan FMIPA memiliki perbedaan persepsi pada saat audit sehingga tidak mengunggah dokumen namun demikian tingkat kepatuhan FMIPA sangat tinggi mengingat semua dokumen dalam lingkup audit pada dasarnya telah ada.

Tingkat-Kepatuhan-Fak_Prog-AIM-siklus-7 2010

Tingkat Kepatuhan Fakultas/Program

Audit sistem jurusan dengan nilai diatas 80 sebesar 50% namun tingkat kepatuhannya mencapai 69,44%. Hampir seluruh jurusan telah mengunggah dokumen yang terdapat dalam lingkup audit namun beberapa jurusan yang salah persepsi mengenai teknis sosialisasi SPMI pada stakeholder sehingga sangat mempengaruhi rendahnya nilai. Hampir seluruh jurusan mengalami kenaikan nilai pada saat visitasi jika dibandingkan dari nilai audit sistem kecuali Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Sosiologi FISIP karena Jurusan Teknik Mesin belum melengkapi tindakan perbaikan pada AIM Batch sebelumnya, sedangkan jurusan sosiologi mengalami penurunan nilai pada saat visitasi karena kurang lengkap redaksional salah satu butir mutu akreditasi.

Tingkat-Kepatuhan-Jur_PS-AIM-siklus-7 2010

Tingkat Kepatuhan Jurusan/PS