Teknis pelaksanaan AIM siklus tahun 9 2011 hampir sama dengan siklus 8 terdahulu yaitu Sistem berbasis website/desk evaluasi dan visitasi. Audit Internal Mutu Siklus 9 menitik beratkan pada implementasi manual mutu dan audit kinerja standar 6 BAN-PT pada fakultas/program dan jurusan/PS.

Audit Internal Mutu (AIM) UKPA Siklus 9 dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 20 September 2011. Jumlah auditor yang terlibat berjumlah 62 orang. Jumlah auditee yang terlibat sama dengan AIM UKPA Siklus 8, yaitu 47 unit.

Lingkup kegiatan AIM UKPA Siklus 9 adalah:

  1. Permintaan tindakan koreksi atas temuan audit siklus 8 dan temuan Stage 1 Assessment ISO 9001:2008 oleh LRQA.
  2. Implementasi dokumen Manual Mutu berbasis ISO 9001:2008.
  3. Audit kinerja berbasis standar akreditasi BAN-PT Standar 6 (Pembiayaan, Sarana-Prasarana dan Sistem Informasi).

Berdasarkan hasil AIM UKPA Siklus 9 dapat diketahui bahwa rata-rata implementasi manual mutu untuk jurusan dan fakultas sudah cukup bagus, namun nilai terkecil dari butir yang diimplementasikan jurusan dan fakultas adalah tidak adanya daftar acuan silang antara manual mutu dengan klausul ISO 9001:2008 (pada butir 14).

Sedangkan untuk pemenuhan standar 6 akreditasi BAN-PT adalah pada aspek pendanaan untuk operasional (tri dharma), bahan pustaka, keterlibatan PS dalam perencanaan pendanaan, dana penelitian dan persentase perolehan dana dari mahasiswa.