Universitas Brawijaya (UB) selalu berupaya meningkatkan mutu secara terus menerus dalam aktivitas pendidikan yang diselenggarakannya. Usaha ke arah itu, dilakukan segenap unsur civitas akademika dengan mengacu pada standar mutu nasional dan internasional:  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), ISO, dan World Class University (WCU). Terkait dengan upaya tersebut, Pusat Jaminan Mutu UB mengadakan berbagai kegiatan terkait pendampingan akreditasi internasional, diantaranya melakukan kegiatan sbb:

  • kunjungan kerja (benchmarking)
  • Sosialisasi standar akreditasi Internasional
  • pendampingan akreditasi Internasional

Beberapa aktifitas terkait dapat dilihat pada laporan kegiatan sebagai berikut.

Kunjungan Kerja ke ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA)

Pada hari Minggu hingga Jumat (3-9/3), PJM UB melakukan kunjungan kerja (benchmarking) ke ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), Bangkok, Thailand, dan Guangxi Normal University (GNU) China.

Kunjungan kerja yang dipimpin oleh Ketua PJM, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, bermaksud menggali dan mempelajari lebih jauh mengenai standar akreditasi internasional. Standar ini akan dijadikan pedoman UB dalam mencapai Akreditasi Internasional dalam waktu dekat.
“Kunjungan kerja kali ini bertujuan untuk memastikan eksistensi kelembagaan AUN-QA. Kita lihat secara langsung bagaimana aktivitasnya, lalu kita juga belajar tentang kriteria dan indikator penilaiannya untuk kita siapkan menjelang akreditasi internasional”, demikian ungkap Prof. Bisri. Peserta kunjungan kerja kali ini diikuti oleh 10 orang anggota PJM yang merupakan wakil dari masing-masing fakultas/program.
Menyambut kedatangan Tim UB, Prof. Nantana Gajaseni, PhD. (Executive Director AUN) sangat apresiatif, berbagai penjelasan terkait kelembagaan AUN-QA juga disampaikan kepada Tim UB.
Kegiatan AUN-QA selain melakukan akreditasi ternyata juga memfasilitasi pertukaran mahasiswa dan budaya yang menjadi anggotanya. Selain itu, berbagai course and program development sering digelar. Hal ini untuk memberikan pemahaman dan kesamaan pandangan diantara perguruan tinggi yang ada di ASIA terkait mutu penyelenggaraannya. Kunjungan ke AUN-QA ini juga dalam rangka mendaftarkan 12 program studi di UB untuk dapat terakreditasi AUN-QA.
Setelah mendapatkan penjelasan langsung dari Prof.Gajaseni, Tim UB langsung merapatkan barisan menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan menyusun strategi capaian dengan memperhatikan indikatornya.

Sebagai tindaklanjut dari benchmarking di AUN QA, pada tanggal 22-25 April 2013, UB mengirimkan 14 orang perwakilan program studi mengikuti AUN-QA Training Course di Bangkok, Thailand. Materi yang di sampaikan dalam training tersebut diantaranya adalah pemahaman tentang QA in Higher education in regional and international perspective, AUN Quality Assessment process dan perform the internal QA: Self-assesment at study program.

Adapun pembicara pelatihan ini adalah Assoc.Prof. Dr. Tan Kay Chuan (Director, office of Quality Management National University of Singapore) dan Mr. Johnson Ong Chee Bin (AUN-QA Expert).Melalui training course tersebut diharapkan dapat membantu program studi di UB untuk menyusun Self Assessment Report (SAR) yang menjadi dokumen usulan akreditasi di AUN-QA. Para peserta training course tersebut nantinya akan menjadi motor dalam penyusunan SAR di masing-masing program studi yang diusulkan.
Kunjungan kemudian dilanjutkan ke China, menuju Guangxi Normal University (GNU). Kunjungan ini ditujukan sebagai strategi dan upaya memperoleh kepercayaan dari mahasiswa internasional agar mereka masuk perguruan tinggi tersebut. Dari hasil kunjungan tersebut, memotivasi tim UB untuk mewujudkan cita-cita menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional.