Bidang Akreditasi Nasional PJM UB melaksanakan Program pendampingan akreditasi untuk program studi (PS) dengan memberdayakan dosen UB yang menjadi asesor nasional BAN-PT. Kegiatan pendampingan dilakukan mulai proses penyusunan dokumen, melakukan simulasi visitasi dan mendampingi saat visitasi oleh asesor BAN-PT. Program Percepatan Akreditasi ini bertujuan untuk mendorong tim penyusun dokumen akreditasi PS, yang seharusnya sudah menyusun atau mengirim dokumen, untuk segera menyelesaikan dokumen akreditasi, sehingga dapat segera dikirim ke BAN-PT.

Pada tahun 2012 yang lalu ada 51 PS yang diikutkan dalam program pendampingan akreditasi, baik jenjang Sarjana (S-1), Magister (S-2), Doktor (S-3) maupun Diploma dengan melibatkan 25 asesor internal (daftar tabel). Program ini diawali dengan mengadakan Pelatihan penyusunan Borang Akreditasi baik borang IIIA, IIIB maupun Evaluasi diri pada tanggal 23 dan 30 April, bertempat di UB Hotel. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan dan penilaian oleh asesor pendamping di tiap PS.

Dari 51 Program Studi yang didampingi PJM selama Tahun 2012, ada 34 PS sudah divisitasi oleh asesor BAN PT, 7 PS belum divisitasi asesor BAN-PT dan masih ada 10 PS yang masih dalam proses menyeleseikan atau merevisi dokumen akreditasinya. Perkembangan Pendampingan Akreditasi PS ditunjukkan pada grafik di bawah ini.

 Perkembangan pendampingan akreditasi PS

Perkembangan Pendampingan Akreditasi PS 2012/2013 (updated September 2013)

Walaupun kegiatan pendampingan akreditasi PS di UB sudah berjalan baik dan intensif, namun capaian status akreditasi PS di UB harus masih tetap diupayakan semaksimal mungkin. Dari total jumlah PS di UB sebanyak 115 PS (hingga Juli 2013), jumlah tersebut termasuk PS Spesialis dan Program Profesi, yang terakreditasi sebanyak 95 PS, sedangkan yang belum terakreditasi masih banyak yaitu 20 PS, yang merupakan PS baru di UB dan baru bisa mengajukan akreditasi setelah 2 tahun.

Status Akreditasi PS di UB

Status Akreditasi PS di Universitas Brawijaya (updated Juli 2013)

Data status akreditasi program studi tersebut dihitung berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 160/E/AK/2013 tertanggal 1 Maret 2013 tentang ijin penyelenggaraan dan akreditasi program studi. Di dalam surat edaran tersebut dinyatakan bahwa program studi baru yang telah memiliki ijin operasional dinyatakan terakreditasi “C” dan berlaku selama 6 bulan sejak surat edaran tersebut terbit.

Sistem Informasi Data Elektronik Akreditasi (SIDEA)

SIDEA-300x168Hasil evaluasi pendampingan akreditasi tahun 2011 dan 2012 menunjukkan bahwa progress penyusunan dokumen akreditasi BAN-PT dinilai lamban sehingga diperlukan terobosan dan strategi baru untuk mendorong kinerja program studi dalam menyusun dokumen akreditasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, PJM dengan dibantu oleh beberapa asesor BAN-PT dan PPTI mengembangkan Sistem Informasi Data Elektronik Akreditasi (SIDEA) yang diharapkan menjadi pool database untuk membantu percepatan dalam pengisian borang akreditasi BAN-PT. Sistem informasi ini diperuntukkan bagi tim penyusun dokumen akreditasi BAN-PT, baik tim PS maupun tim pengelola PS (fakultas/program) yang sifatnya tertutup dan tidak di-publish secara umum, hanya bagi pihak-pihak internal di lingkungan UB. Lebih lanjut, bagi pengguna SIDEA telah disiapkan account yang bersifat terbatas bagi tim penyusun dokumen akreditasi.

Dengan adanya SIDEA ini, setiap PS di lingkungan UB, diharapkan dapat mengisi dan memperbarui data secara berkelanjutan. Bagi PS terkait, hal ini akan mempermudah dan mempercepat penyelesaian pengisian dokumen akreditasi pada saat yang diperlukan. Bagi pengelola, hal ini akan mempermudah pemantauan dan pendampingan. Untuk keperluan tersebut, account bagi pengguna SIDEA dibagikan secara tertutup melalui surat kepada para Ketua PS dan Pembantu Dekan Bidang Akademik.