SPMI National Workshop with theme “Implementation of National Standard of Higher Education”

Featured

Latar Belakang

Sejak diterbitkan Peraturan Presiden Republik Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Perpres 8/2012 tentang KKNI) dan ditetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud 49/2014 tentang SN Dikti), maka perlu ada pemahaman yang memadai dan arah yang benar untuk menerapkan kebijakan tersebut.

Perguruan tinggi (PT) sebagai satuan kerja (Satker) di bawah kementerian, memiliki kewajiban yang sama dan setara dalam menerapkan dan memenuhi standar mutu minimal yang ditetapkan tersebut.

Bagi PT, kewajiban pemenuhan standar mutu minimal tersebut (Permendikbud 49/2014 tentang SN Dikti), diterjemahkan dalam bentuk kebijakan internal PT yang bervariasi sesuai model sistem manajemen yang digunakan.

Selanjutnya, akan muncul pertanyaan mendasar yaitu, apakah model sistem manajemen yang berbeda-beda di masing-masing PT dapat mempengaruhi capaian pemenuhan (target dan waktu) standar mutu minimal. Hal ini tentunya memerlukan evaluasi internal oleh PT itu sendiri dan juga evaluasi eksternal oleh kementerian.

Kebijakan yang diambil masing-masing PT dalam rangka memenuhi Permendikbud 49/2014 tentang SN Dikti dan Perpres 8/2012 tentang KKNI mengandung praktek-praktek baik (good practices) yang perlu disebarluaskan kepada PT lain di Indonesia.

Good practices tersebut merupakan pengetahuan yang bermanfaat bagi PT untuk meningkatkan (improving) efektifitas dan efisiensi sistem manajemen dalam rangka memenuhi dan bahkan melampaui standar mutu minimal tersebut. Untuk itu, Lokakarya Nasional SPMI dengan tema “Implementasi Standar Nasional Pendidikan Tinggi” ini menjadi perlu untuk dilaksanakan.

 

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang seragam tentang Permendikbud 49/2014 tentang SN Dikti dan Perpres 8/2012 tentang KKNI, sehingga dapat menetapkan arah dan kebijakan di masing-masing PT untuk memenuhi peraturan tersebut.

Selain itu, lokakarya nasional ini juga bertujuan untuk memberikan contoh praktek dan kebijakan PT dalam rangka memenuhi Permendikbud 49/2014 tentang SN Dikti dan Perpres 8/2012 tentang KKNI.

 

Manfaat

Dengan mengikuti Lokakarya Nasional SPMI “Implementasi Standar Nasional Pendidikan Tinggi” ini diharapkan hal-hal berikut:

  • Bagi peserta lokakarya, memperoleh pemahaman yang baik tentang Permendikbud 49/2014 tentang SN Dikti dan Perpres 8/2012 tentang KKNI, sehingga dapat berguna untuk meningkatkan (improving) efektifitas dan efisiensi sistem manajemen dalam rangka memenuhi dan bahkan melampaui standar mutu minimal tersebut.
  • Bagi Ditjen Dikti, memperoleh informasi tentang kesiapan dan kemampuan PT dalam menerapkan Permendikbud 49/2014 tentang SN Dikti dan Perpres 8/2012 tentang KKNI, serta mendapat masukan atas berbagai kendala yang dihadapi oleh PT.

Pembicara dalam kegiatan ini, yaitu Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti (pembicara utama) dan pembicara wakil PT dipilih dari perwakilan PTN, perwakilan PTS dan perwakilan Institut/Politeknik.

 

Pelaksanaan

Lokakarya Nasional SPMI “Implementasi Standar Nasional Pendidikan Tinggi” ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 20 Desember 2014, mulai pukul 07.30 s.d 16.30 WIB, bertempat di Universitas Brawijaya Guest House (UBGH), Lantai 3, Ruang Oryza, Jl. Veteran, Malang, JATIM. Peserta yang mengikuti lokakarya tidak dipungut biaya administrasi. Transportasi dan penginapan menjadi tanggungjawab institusi asal peserta. Jumlah peserta berkisar 100 s.d 200 PT dan masing-masing PT diwakili maksimal dua (2) orang. Fasilitas yang disediakan bagi peserta antara lain: seminar kit, snack dan makan siang, serta sertifikat.

Pembicara utama, Dr. Illah Sailah, Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, menyampaikan materi tentang Strategi Implementasi SN Dikti (Permendikbud 49/2014), sedangkan pembicara wakil PT disampaikan oleh lima PTN/PTS menyampaikan implementasi SN Dikti di masing-masing PT serta strateginya, yaitu Prof. Dr. Mohammad Bisri (Rektor Universitas Brawijaya, Malang), Dr. Syahrun Nur (Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh), Ir. Rr. Hermien Tridayanti (Universitas Narotama, Surabaya), Dr. Ika Sartika (Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor), Prof. Dr. Ichsan Setya Putra (Institut Teknologi Bandung). Materi masing-masing pembicara tersebut dapat diunduh melalui link download berikut:

  1. SN DIKTI dan KPT oleh Dr. Illah Sailah (Direktur Ditbelmawa Ditjen Dikti)
  2. Implementasi SPMI UB oleh Mohammad Bisri (Rektor UB)
  3. SPMI dan Implementasinya di UNSYIAH oleh Syahrun Nur (Ketua Bidang Peningkatan Mutu BJM UNSYIAH)
  4. Proses Penerapan Penjaminan Mutu di UNNAR Surabaya oleh Hermien Tridayanti (Ketua BPM UNNAR)
  5. Implementasi SPMI sebagai Strategi Penerapan KKNI dan SN Dikti di IPDN oleh Ika Sartika (Kepala UPM IPDN)
  6. SPMI Berbasis Pengukuran Capaian Pembelajaran di ITB oleh Ichsan Setya Putra (Ketua SPM ITB)

 

Untuk informasi pelaksanaan lokakarya tersebut, silahkan hubungi contact person berikut:

  • Yudie Wiro Eko Setyawan, S.Si.
  • Ponsel. 081555 651356
  • Telp/faks. 0341 – 575797
  • E-mail: pjm@ub.ac.id, pjmbrawijaya@gmail.com
  • Kantor Pusat UB, Lantai 3, Ruang PJM, Jl. Veteran, Malang, 65145

 

Lain-lain

 

Berikut ini adalah foto-foto kegiatan lokakarya:

Lokakarya Nasional SPMI (1)Lokakarya Nasional SPMI (2)Lokakarya Nasional SPMI (3)Lokakarya Nasional SPMI (4)

Lokakarya Nasional SPMI (5)

Lokakarya Nasional SPMI (6)Lokakarya Nasional SPMI (7)Lokakarya Nasional SPMI (8)

Lokakarya Nasional SPMI (9)

Lokakarya Nasional SPMI (10)Lokakarya Nasional SPMI (11)Lokakarya Nasional SPMI (12)

Lokakarya Nasional SPMI (13)

Lokakarya Nasional SPMI (14)Lokakarya Nasional SPMI (15)Lokakarya Nasional SPMI (16)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Monevin PHK Akhir Tahun 2013

Featured

Seperti halnya Audit Internal Mutu (AIM), kegiatan Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) Program Hibah Kompetisi (PHK) juga dilaksanakan secara rutin setiap tengah tahun dan akhir tahun. Tahun 2013, Universitas Brawijaya mengelola dua jenis PHK, yaitu PHK Dikti dan PHK UB.

Jenis PHK Dikti yang diperoleh UB adalah sebagai berikut:

  • PHK-I Tema B, yaitu tentang peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi PS. Program ini diperoleh oleh UB sejak tahun 2011 dan saat ini memasuki tahun terakhir implementasi program. Unit kerja program studi (PS) yang mendapatkan mandat mengelola hibah ini adalah PS S-1 Budidaya Perairan FPIK; PS S-1 Fisika FMIPA dan PS S-1 Keteknikan Pertanian FTP.
  • PHK-I Tema C, yaitu pengembangan program unggulan. Program ini juga dimulai pada tahun 2011, seperti halnya PHK-I Tema B, program ini juga memasuki tahun terakhir implementasi program. Unit kerja yang menerima mandat melaksanakan program ini adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).
  • PHK Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PKPD), yaitu program yang dikhususkan bagi PS Pendidikan Dokter. Program ini diberikan kepada Fakultas Kedokteran. Saat ini juga memasuki tahun terakhir implementasi program.

Atas dasar praktek baik implementasi PHK Dikti di tahun-tahun sebelumnya, sehingga Rektor UB memiliki kebijakan untuk menerapkan model PHK yang sama dengan PHK Dikti dengan pendanaan mandiri, yaitu PHK UB. Model klasifikasi PHK UB juga hampir sama dengan PHK Dikti, yaitu sebagai berikut:

  • PHK UB Tema A, yaitu program peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi PS. Program ini diberikan kepada empat (4) PS, yaitu: PS S-1 Ilmu Kelautan FPIK, PS S-1 Teknik Kimia FT, PS S-1 Ilmu Komputer PTIIK, dan PS S-1 Sastra Inggris FIB.
  • PHK UB Tema B, yaitu pengembangan program unggulan PS. Program ini diberikan kepada 7 PS, yaitu: PS S-1 Matematika FMIPA, PS S-1 Biologi FMIPA, PS S-1 Peternakan FPT, PS S-2 Ilmu Ekonomi FEB, PS S-1 Ilmu dan Teknologi Pangan FTP, PS S-2 Akuntansi FEB, dan PS S-2 Manajemen FEB.
  • PHK UB Tema C, yaitu program penguatan dan pengembangan kelompok peneliti (research group). Program ini diberikan kepada 9 kelompok penelitian, yaitu sebagai berikut:
  1. Biopeptida, Perangkat Deteksi Medis dan Imunokontrasepsi – (Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES)
  2. Grup Riset dan Enterpreneurial Agroindustri Atsiri (GUREEA) – (Prof. Dr. Ir. Chandrawati Cahyani, MS.)
  3. Central of Low Cost and Automated Method and Instrumentation Analysis (Hermin Sulistyarti, PhD.)
  4. International Research Centre for the Management of Degraded and Mining Lands (IRC-MEDMIND) – (Prof. Ir. Eko Handayanto, MSc, PhD.)
  5. Pusat Kajian Autoimun, Reumatik dan Alergi – (Prof. Dr. dr. Handono Kalim, SpPD-KR)
  6. Pusat Kajian dan Peneliti Sosio Legal – (Dr. Jazim Hamidi, SH., MH.)
  7. Pusat Penelitian dan Pengembangan Porang Indonesia – (Prof. Dr. Simon Bambang Widjanarko, M.App.Sc.)
  8. Smart Molecule of Natural Genetics Resource (SMONAGENES) – (Prof. Dr. Ir. Fatchiyah, MKes., PhD.)
  9. Teknologi Sistem dan Material Maju (ASMAT) – (Dr.Sc. Akhmad Sabarudin, MSc.)

Kegiatan Monevin PHK Akhir Tahun 2013 difokuskan pada beberapa seperti yang disyaratkan Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) Dikti Kemdikbud, yaitu meliputi:

  • Kepemimpinan dan Komitmen Insitusi
  • Kemampuan Melaksanakan Progam
  • Dampak dan Keberlanjutan Program
  • Keberhasilan indikator target (rate of success)
  • Kemajuan fisik kegiatan (target kemajuan fisik kegiatan untuk akhir tahun adalah 100%)

Sesuai mandat yang diberikan oleh Rektor UB, kegiatan Monevin PHK menjadi tugas Pusat Jaminan Mutu (PJM) dengan berkoordinasi dengan Tim Koordinasi Program Hibah Kompetisi (TKPHK), Satuan Pengawasan Internal (SPI), Reviewer Internal dan Grantee (unit penerima hibah). Sesuai hasil koordinasi pihak-pihak tersebut disepakati jadwal Monevin PHK (visitasi) dan distribusi reviewer internal sebagai berikut:

Untuk PHK-I Tema B dan Tema C, kegiatan visitasi telah dilakukan pada tanggal 4 Desember 2013 dan 11 Desember 2013. Jadwal visitasi untuk PHK UB Tema A dan B dilaksanakan pada tanggal 18 dan 23 Desember 2013, sedangkan jadwal visitasi untuk PHK UB Tema C dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2013. Jadwal visitasi dan distribusi reviewer internal dapat diunduh di bagian bawah posting berita ini.

Dalam kegiatan Monevin PHK, grantee harus mempersiapkan proposal yang telah diperbaiki, rencana implementasi program (RIP) tahun berjalan dan laporan kemajuan implementasi program yang disusun sesuai panduan yang telah diberikan. Sedangkan bagi reviewer internal, diharapkan melakukan desk evaluation implementasi PHK sesuai proposal, RIP dan laporan yang ada. Selain itu, masing-masing tim reviewer harus menyusun laporan terkonsolidasi yang terdiri dari komentar terkonsolidasi, penilaian, checklist kegiatan Monevin PHK dan checklist capaian indikator kinerja dan capaian fisik. Reviewer internal juga dijadwalkan untuk bertemu dengan grantee untuk melakukan klarifikasi atas hasil desk evaluation.

Berikut ini diberikan link download materi dan dokumen terkait Monevin PHK Akhir Tahun 2013

  1. Jadwal Visitasi Monevin PHK UB Tema A dan Tema B (revised), perbaikan terkait pelaksanaan Monev Dikti untuk PHK-I Tema B dan Tema C pada tanggal 19-20 Desember 2013
  2. Jadwal Visitasi Monevin PHK UB Tema C (revised), perbaikan terkait pelaksanaan Monev Dikti untuk PHK-I Tema B dan Tema C pada tanggal 19-20 Desember 2013
  3. Panduan Penyusunan Laporan Akhir PHK UB Tema A dan Tema B
  4. Panduan Penyusunan Laporan Akhir PHK UB Tema C
  5. Borang Komentar Terkonsolidasi
  6. Panduan Penyusunan Komentar Terkonsolidasi
  7. Borang Penilaian
  8. Checklist Kegiatan Monevin PHK
  9. Checklist Capaian Indikator dan Capaian Fisik (revised), perbaikan terkait kemudahan grantee dan reviewer internal dalam menetapkan dan mengukur capaian.
  10. Daftar Nomor Ponsel dan Alamat E-mail Reviewer dan Auditor Monevin PHK 2013 (revised)
  11. Daftar Contact Person Grantee (revised)

AIM UKPA Laboratorium Siklus 2 Tahun 2013

Featured

Dalam rangka meningkatkan kinerja manajemen dan mutu layanan, maka Universitas Brawijaya perlu melakukan Audit Internal Mutu (AIM) terhadap Unit Kerja Pelaksana Akademik (UKPA). Saat ini, UB merencanakan AIM bagi laboratorium yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 s.d 15 Nopember 2013.

Lingkup/scope kegiatan AIM UKPA Laboratorium Siklus 2 Tahun 2013 difokuskan kepada beberapa hal berikut:

  1. Tindakan perbaikan atas temuan AIM UKPA Laboratorium sebelumnya,
  2. Tindakan perbaikan atas temuan Surveillance ISO 9001:2008 oleh LRQA,
  3. Implementasi SPMI berbasis ISO 9001:2008,
  4. Implementasi SPMI berbasis Pelayanan Prima,
  5. Implementasi Standar Website.

Dalam rangka sosialisasi teknis pelaksanaan AIM UKPA Laboratorium Siklus 2 kepada auditor internal dan auditee (para kepala laboratorium), maka dilakukan refreshing bagi auditor internal pada tanggal 25 September 2013, sedangkan sosialisasi kepada auditee dilaksanakan pada tanggal 27 September 2013.

Dalam refreshing dan sosialisasi tersebut, disampaikan tujuan AIM UKPA Laboratorium Siklus 2, antara lain:

  • Pendampingan Unit Kerja Laboratorium dalam implementasi manajemen mutu.
  • Mempersiapkan diri untuk menghadapi audit eksternal (mis. Surveillance ISO 9001 oleh LRQA, Asesmen Pelayanan Prima)
  • Mempersiapkan diri untuk Akreditasi Internasional (AUN-QA)
  • Meningkatkan ketertiban administrasi, database, kinerja dan perbaikan manajemen mutu secara terus-menerus.
  • Memenuhi kepuasan pelanggan/stakeholders

Masing-masing pimpinan UKPPA diharapkan mempersiapkan sumberdaya sesuai lingkup AIM tersebut di atas. Adapun waktu pelaksanaan AIM UKPA Laboratorium Siklus 2 adalah tanggal 6 s.d 8 Nopember 2013 (desk evaluation), dan 11 s.d 15 Nopember 2013 (visitasi). Informasi tambahan dapat menghubungi Sekretariat PJM.

Berikut ini disampaikan materi dan dokumen terkait pelaksanaan AIM UKPA Laboratorium Siklus 2 yang dapat diunduh dan dipergunakan oleh auditor internal dan auditee,

  1. Materi refreshing bagi auditor internal
  2. Materi sosialisasi bagi auditee

 

Monitoring dan Evaluasi Hibah Penguatan Kelompok Kajian dan Pusat Studi

Tahun 2017 pengelolaan program hibah untuk penelitian dilakukan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), dengan pengelolaan program hibah di bawah LPPM UB diharapkan dapat meningkatkan performa penelitian, baik dari sisi manajemen, fasilitas penelitian dan kualitas sumberdaya manusia.

Penerima hibah adalah Kelompok Kajian dan Pusat Studi yang telah lolos seleksi dan memiliki sasaran pada pusat studi-pusat studi yang telah resmi diakui oleh Rektor Universitas Brawijaya dan kelompok kajian-kelompok kajian yang diakui oleh Dekan/Direktur/Ketua Program. Pengakuan kelembagaan Pusat Studi dan Kelompok Kajian tersebut berdampak baik pada upaya pembinaan dan pendampingan penerima hibah.

Mengingat pendanaan program penguatan hibah kelompok kajian dan pusat studi tersebut melalui dana mandiri oleh Universitas Brawijay, tidak lagi didanai oleh Dikti pada program Program Hibah Kompetisi (PHK) Dikti, maka perlu dilakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Penguatan Kelompok Kajian dan Pusat Studi oleh Pusat Jaminan Mutu dibawah Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M).

Fokus Monev antara lain adalah 1) untuk mengevaluasi pencapaian tujuan program 2) untuk mengetahui pengelolaan atau manajemen pelaksanaan kegiatan, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana hasil kegiatan Kelompok Kajian dan Pusat Studi penerima hibah dapat berdampak dan bermanfaat tidak hanya pada tim pelaksana yang terlibat, tetapi juga bagi UB.

Pada tahun anggaran 2017, UB mengalokasikan dana hibah kepada 34 penerima hibah sebagai bagian dari upaya pengembangan Kelompok Kajian dan Pusat Studi di UB. Aktifitas Monev tahun 2017 terbagi menjadi dua tahap, yaitu: tahap 1 dimana reviewer melakukan desk evaluation laporan akhir penerimaan 70% anggaran dan site visit di lokasi pengelola Kelompok Kajian dan Pusat Studi, dan tahap visitasi dimana reviewer melakukan klarifikasi hasil desk evaluation.

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang digunakan reviewer dan penerima hibah (Kelompok Kajian dan Pusat Studi) dalam mempersiapkan dan melaksanakan program Monev PHK 2017.

  1. Buku Panduan Penyusunan Proposal
  2. Jadwal Visitasi Monev Kelompok Kajian dan Pusat Studi (Revised 17 Nopember 2017)
  3. Nomor Telepon Ketua Kelompok Kajian dan Pusat Studi
  4. Nomor Telepon Reviewer Monev Kelompok Kajian dan Pusat Studi
  5. Dokumen 00 Cross Reference untuk Penyusunan Borang Penilaian dan Komentar Terkonsolidasi Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  6. Dokumen 01 Checklist Capaian Indikator Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  7. Dokumen 02 Checklist  Kegiatan Monev Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  8. Dokumen 03 Borang Penilaian Monev Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  9. Dokumen 04 Borang Komentar Terkonsolidasi Monev Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  10. Dokumen 05 Instrument Pemetaan Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  11. Umpan Balik Reviewer
  12. Umpan Balik Penerima Hibah (Grantee)