Ditulis pada tanggal 14 Maret 2019, oleh admin, pada kategori Berita

megaphooneHasil Audit Internal Mutu (AIM) merupakan salah satu rekomendasi perbaikan bagi institusi. Masukan bagi perbaikan tersebut perlu dikelola dan ditindaklanjuti untuk peningkatan kinerja dimasa mendatang. Hasil-hasil AIM pada tahun 2018 yang lalu telah diupayakan untuk dirangkum dalam suatu mekanisme pelaporan yang perlu diketahui oleh para pimpinan unt kerja se-Universitas Brawijaya.

Hasil-hasil AIM tahun 2018 telah dirangkum oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) dan menjadi bahan presentasi Rektor UB kepada semua auditee pada hari Rabu, tanggal 13 Maret 2019, bertempat di Hall UB TV.

Acara yang berjudul “Diseminasi Hasil AIM UKPA-UKPPA Tahun 2018 Universitas Brawijaya” ini mengundang sekitar 300 orang yang terdiri dari Pimpinan Universitas, Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua GJM, Pimpinan UKPPA, Ketua Jurusan, Ketua Prodi dan Tim PJM.

Prof. Dr. Nuhfil Hanani A.R. (Rektor UB) dengan didampingi Ketua LP3M dan Ketua PJM membuka acara diseminasi sekaligus menyampaikan hasil-hasil AIM tahun 2018 terutama pada bagian-bagian yang umum, sedangkan detil informasi hasil AIM disampaikan oleh Ketua PJM (Dr. Shinta Hadiyantina, SH., MH.).

Diseminasi AIM

Dalam presentasi diseminasi hasil AIM ini diperoleh masukan-masukan bagi masing-masing pimpinan universitas, pimpinan fakultas, pimpinan jurusan, pimpinan prodi dan pimpinan UKPPA. Secara umum, masukan-masukan tersebut adalah perlunya perbaikan tinjauan manajemen, perlunya peningkatan komitmen untuk akreditasi prodi dan peningkatan kinerja untuk memenuhi standar akreditasi (baik nasional maupun internasional). Selain masukan tersebut, juga disampaikan adanya beberapa rekomendasi bagi Rektor, bagi auditee dan bagi PJM selaku koordinator penyelenggaraan AIM.

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan tanya-jawab dengan dipandu oleh Ketua LP3M (Ir. Achmad Wicaksono, MEng., PhD.) sebagai moderator. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta (auditee) ditujukan kepada Rektor dan PJM. Rektor menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan dibantu oleh Ketua LP3M dan Ketua PJM. Beberapa keluhan auditee juga disampaikan kepada Rektor terkait temuan-temuan yang berhubungan dengan SDM dan infrastruktur. Kemudian acara ditutup oleh Rektor dengan berpesan agar kegiatan audit internal berikutnya lebih berdampak kepada kinerja unit kerja dengan output untuk mendukung akreditasi.

Materi Presentasi Diseminasi Hasil AIM  (download link memerlukan otentikasi menggunakan akun e-mail official)