AIM UKPPA Siklus 10 Tahun 2017

Sebagai bentuk evaluasi terhadap penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Universitas Brawijaya, serta untuk mempersiapkan institusi dan unit kerja menghadapi Certificate Renewal ISO 9001:2008, maka dilaksanakan Audit Internal Mutu (AIM) bagi Unit Kerja Penunjang Pelaksana Akademik (UKPPA) Siklus 10 Tahun 2017.

Seperti tahun sebelumnya, kegiatan audit internal untuk UKPPA tahun ini dititikberatkan pada pengelolaan (manajerial) unit kerja dengan tujuan utama untuk membantu unit kerja menerapkan sistem manajemen mutu dan memperbaiki kinerja, serta untuk persiapan menghadapi certificate renewal ISO 9001:2008 di UB.

Unit kerja yang dilibatkan dalam AIM UKPPA Siklus 10 ini berdasarkan Permenristekdikti Nomor 4 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja UB, terdiri dari:

  1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
  2. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M)
  3. UPT Perpustakaan
  4. UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  5. UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK)
  6. UPT Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH)
  7. UPT Laboratorium Sentral Sains dan Rekayasa (LSSR)
  8. Satuan Pengawas Internal (SPI)
  9. Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK)
  10. Biro Umum dan Kepegawaian (BUK)
  11. Biro Keuangan (BK)
  12. Badan Pengelola Usaha (BPU)

Lingkup AIM UKPPA Siklus 10 tahun 2017 ini adalah:

  1. Tinjauan Manajemen. Lingkup ini ditujukan untuk persiapan menuju implementasi ISO 9001:2015 (baca: ISO 9001 versi 2015). Untuk itu, pada lingkup ini yang dievaluasi adalah keberadaan laporan dan lingkup bahasan sesuai persyaratan ISO 9001:2015. Untuk memudahkan unit kerja dalam menyusun laporan tinjauan manajemen, maka PJM telah menyiapkan template laporan tinjauan manajemen.
  2. Website. Lingkup ini tidak lagi mengevaluasi website berdasarkan standar, namun untuk memantau pembaruan (updating) website sesuai program/kegiatan UKPPA.
  3. Konversi SPMI UB. Sejak terbitnya Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, maka perguruan tinggi (termasuk UB) harus melakukan perubahan sistem dokumentasi SPMI sesuai pedoman dari Kemenristekdikti. Untuk itu, UB telah menyiapkan perubahan dan format baru sistem dokumentasi di UB yang menggabungkan persyaratan dari Kemenristekdikti, sistem kearsipan (ANRI) dan memenuhi persyaratan ISO 9001. Untuk itu, lingkup AIM ini dikhususkan pada konversi dokumen SPMI UKPPA (terutama SOP) sesuai template yang ada di UB. Informasi tentang konversi dokumen SPMI UB berikut template SOP dapat dilihat website ini tentang berita Sosialisasi dan Konversi Dokumen SPMI UB.

Kegiatan AIM UKPPA Siklus 10 ini disosialisasikan kepada para pimpinan unit pada hari Rabu, 18 Oktober 2017, bertempat di Ruang PJM (Gedung Layanan Bersama UB Lantai 4).  Selain sosialisasi pelaksanaan AIM UKPPA, acara ini juga menyampaikan pemahaman tentang pentingnya SPMI dan SPME kepada auditee, hal ini dilakukan mengingat pejabat-pejabat di UB sebagian besar mengalami mutasi dan pergantian sesuai OTK UB yang baru. Bahan-bahan sosialisasi dapat diunduh di melalui tautan berikut:


Export date : Fri, 20 Jul 2018 18:28:09
Exported from [ http://pjm.ub.ac.id/aim-ukppa-siklus-10-tahun-2017/ ]